Oleh: Puji Yuli

Virus-corona yang semakin meluas penyebarannya sehingga menimbulkan pandemi dan wabah bagi manusia di dunia ini. Maka sebagai seorang muslim kita perlu untuk memetik pelajaran dan hikmah dari wabah dan pandemi virus corona ini. Hal ini kita lakukan agar kita bisa semangat hidup dan pandai bersyukur atas karunia dan nikmat dari Allah SWT.

Beberapa hikmah dari virus corona yang bisa kita ambil sebagai pelajaran meliputi :
1. Kita bisa introspeksi diri untuk tidak bersikap sombong dan angkuh dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Kita bisa mengambil pelajaran bahwa manusia itu lemah dan terbatas yang bisa takut dengan virus corona. Padahal virus corona ini bentuknya kecil dan tidak kasat mata. Manusia bisa tidak berdaya jika terkena virus corona yang kecil ini. Oleh karena itulah harusnya manusia tidak bersikap sombong dan angkuh untuk menolak kebenaran Islam juga Alquran.

2. Kita bisa semangat untuk beramal shalih dan beribadah kepada Allah SWT . Kita bisa ambil hikmah dari virus corona ini yang bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Kita jadi mengingat akan kematian yang bisa datang kapan saja dan dimana saja. Maka kita bisa ambil hikmah dari virus corona ini untuk beramal shalih dan berakhlaqul karimah.

3. Kita bisa saling menghargai dan menghormati juga tolong menolong sesama manusia. Hal ini kita lakukan semata mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Kita bisa ambil hikmah dari virus corona bahwa manusia itu makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dimana pasien corona butuh perawatan tenaga medis. Maka dari itu kita hidup ini harus bersaudara dan jangan bermusuhan.

Semoga beberapa hikmah dari virus corona ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran agar hidup kita berkah. Amin.